RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 Mata Pelajaran                    :           IPA Kimia

Kelas / Semester                :           VII / 1

Standar kompetensi          :           Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia

Kompetensi Dasar             :           Melakukan pemisahan  campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia

Metode / Pendekatan :     Diskusi, informasi, presentasi, demonstrasi, percobaan, tanya jawab.

 Sumber / Bahan / Alat       :

1.  Sumber           :     Purba, Michael,  2007, Kimia 1 untuk SMP kelas VII, Erlangga

2.  Bahan             :     Lembar kegiatan siswa yang dimodifikasi dari kegiatan Buku kimia Erlangga.

3. Alat                   :     Alat percobaan : kertas saring, corong, labu erlenmeyer, gelas kimia, pengaduk, sentrifugasi, tabung sentrifugasi, sendok teh, cawan penguap, pemanas spiritus, pipet tetes, alat destilasi

Bahan percobaan : air, terigu, garam dapur, KNO3, perak nitrat, aquades, teh manis, tinta spidol

Pengalaman Belajar    :

  1. Mencari informasi tentang pemisahan campuran
  2. Mengamati percobaan tentang penjernihan air
  3. Mengidentifikasi dari hasil percobaan tentang pemisahan campuran

Alokasi Waktu               : 6 X 40 menit

 Indikator                         :

  1. Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih
  2. Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana
  3. Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan, destilasi, penguapan dan sublimasi)

Materi Pokok                 :      Pemisahan Campuran

Skenario Pembelajaran    :

Pertemuan pertama ( 2 X 40 menit )

Kegiatan awal (5 menit )

  1. Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
  2. Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
  • Bagaimana cara memisahkan campuran air dengan pasir?
  • Dapatkah sel-sel darah dipisahkan dari plasma darah?
  1. Guru menyampaikan indikator kegiatan yang akan dicapai

Kegiatan inti ( 70 menit )

  1. Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.
  2. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang cara-cara memisahkan komponen suspensi dan memisahkan zat padat dari larutannya.
  3. Siswa melakukan Kegiatan 5.1 halaman 92-93 tentang Penyaringan dan Sentrifugasi.
  4. Guru dan siswa mendiskusikan hasi percobaan.
  5. Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 1-3 halaman 93.
  6. Guru menunjuk siswa secara random untuk mendiskusikan jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
  7. Siswa melakukan Kegiatan 5.2 halaman 94 tentang Penguapan dan Pengkristalan.
  8. Guru dan siswa mendiskusikan hasil percobaan yang baru saja dipelajari.
  9. Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 4-6 halaman 96.

10. Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.

Kegiatan penutup (5 menit )

  1. Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
  2. Salam penutup

Pertemuan kedua ( 2 X 40 menit )

Kegiatan awal (5 menit )

  1. Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
  2. Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
  • Bagaimana cara memisahkan campuran air-minyak?
  • Dapatkah campuran alkohol dan air dipisahkan?
  1. Guru menyampaikan indikator kegiatan yang akan dicapai

Kegiatan inti ( 70 menit )

  1. Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.
  2. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang cara memisahkan campuran zat cair dan pemisahan capuran zat padat.
  3. Siswa melakukan Kegiatan 5.3 tentang percobaan Destilasi atau Penyulingan.
  4. Guru dan siswa mendiskusikan hasil percobaan yang baru saja dilakukan.
  5. Guru melakukan demonstrasi Kegiatan 5.5 tenatang cara menggunakan corong pisah.
  6. Siswa mengerjakan uji kepemahaman nomor 7-10 halaman 100.
  7. Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari uji kepahaman yang baru saja dikerjakan.
  8. Guru mmelakukan demonstrasi Kegiatan 5.6 tentang cara pemisahan sublimasi.
  9. Siswa mengerjakan uji kepahaman nomor 11-12 halaman 102.

10. Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal uji kepahaman yang baru saja dikerjakan.

Kegiatan penutup (5 menit )

  1. Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
  2. Salam penutup

Pertemuan ketiga ( 2 X 40 menit )

Kegiatan awal (5 menit )

  1. Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
  2. Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
  • Bagaimana cara menentukan komponen zat warna yang menyusun tinta hitam?
  1. Guru menyampaikan indikator kegiatan yang akan dicapai

Kegiatan inti ( 70 menit )

  1. Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.
  2. Guru dan siswa melakukan tanya jawab entang dasar pemisahan kromatografi.
  3. Siswa melakukan Kegiatan 5.7 tentang cara pemisahan kromatografi.
  4. Guru dan siswa mendiskusikan hasil percobaan yang baru saja dikerjakan.
  5. Siswa mengerjakan uji kepahaman nomor 13-16 halaman 104.
  6. Siswa mendiskusikan jawaban dari uji kepahaman yang baru saja dikerjakan, guru meneguhkan.
  7. Siswa mengerjakan uji kepahaman nomor 17-19 halaman 106.
  8. Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari uji kepahaman yang baru saja dikerjakan.
  9. Siswa mengerjakan soal-soal bab 5.

10. Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal-soal bab 5.

Kegiatan penutup (5 menit )

  1. Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
  2. Salam penutup

Penilaian

Penilaian kognitif

Menggabungkan antara nilai tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1

Penilaian afektif

Menilai minat, etika, kerjasama kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.

Penilaian psikomotorik

Penilaian psikomotorik dilakukan dengan pengamatan pada kemampuan kerja praktikum individu dalam kelompok.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s