RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                    :           IPA Kimia

Kelas / Semester                :           VII / 1

Standar kompetensi          :           Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia

Kompetensi Dasar             :           Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat

Metode / Pendekatan :     Diskusi, informasi, presentasi, tanya jawab.

 

Sumber / Bahan / Alat       :

1.  Sumber           :     Purba, Michael,  2007, Kimia 1 untuk SMP kelas VII, Erlangga

2. Bahan             :     Lembar kegiatan siswa yang dimodifikasi dari kegiatan Buku kimia Erlangga.

3. Alat                   :     –

Pengalaman Belajar    :

  1. Mencari informasi tentang sifat fisika dan sifat kimia zat
  2. Mendata sifat fisika dan sifat kimia beberapa zat

 Alokasi Waktu               : 2X 40 menit

 Indikator       :

  1. Menjelaskan pengertian sifat fisika dan sifat kimia.
  2. Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan sifat-sifat suatu zat sebagai sifat fisika dan sifat kimia.

Materi Pokok                 :      Sifat fisika dan sifat kimia

Skenario Pembelajaran    :

Pertemuan pertama ( 2 X 40 menit )

Kegiatan awal (5 menit )

  1. Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
  2. Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
  • Sebutkan sifat-sifat kristal garam yang dapat kamu lihat dan rasakan!
  1. Guru menyampaikan indikator kegiatan yang akan dicapai

Kegiatan inti ( 70 menit )

  1. Guru mengarahkan siswa untuk mencari informasi tentang:
  • Pengertian sifat fisika dan sifat kimia
  • Sifat-sifat zat yang tergolong dalam sifat fisika dan sifat kimia.
  1. Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 1-3 halaman 62-63.
  2. Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari uji kepahaman yang baru saja dierjakan.
  3. Guru mengarahkan siswa untuk membuat kelompok.
  4. Siswa membuat Kegiatan 4.1halaman 61 dan 4.2 halaman 62.
  5. Guru meminta salah satu kelompok untuk membacakan hasil kerja mereka dan siswa lain menanggapi.

Kegiatan penutup (5 menit )

  1. Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi.
  2. Guru meminta siswa untuk membaca tentang perubahan fisis.
  3. Salam penutup

Penilaian

Penilaian kognitif

Menggabungkan antara nilai tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1

Penilaian afektif

Menilai minat, etika, kerjasama kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.

Penilaian psikomotorik

Penilaian psikomotorik dilakukan dengan pengamatan pada kemampuan kerja praktikum individu dalam kelompok.

LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK

Mata Pelajajaran      : Kimia                                                            Kelas : VII – …..

Kelompok                  : A

  1. Afektif
No Absen Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Jumlah skor Nilai
Aktivitas dalam diskusi kelompok Kerjasama dalam kelompok Bersaing secara sehat dan sportif Kelengkapan tugas individu dalam kelompok Kelengkapan tugas individu
1.
2.
3.
4.
5.
dst
  1. PSIKOMOTORIK
No Absen Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Jumlah skor Nilai
Keterampilan berbicara Merakit alat percobaan Membuat rancangan percobaan Menggunakan alat dengan teapat Mencatat data percobaan
1.
2.
3.
4.
5.
dst

Pedoman penskoran                      :

Afektif                               :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :

3 = kegiatan baik sekali atau intensitas tinggi

2 = kegiatan cukup atau intensitas sedang

1 = kegiatan kurang atau intensitas rendah

Psikomotorik                   :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :

3 = tindakan benar, tepat dan teliti

2 = tindakan benar, kurang tepat, kurang teliti

1 = tindakan salah

Pedoman penilaian       :     Nilai = (jumlah skor x 100) : 15

Tindak lanjut :

Siswa yang telah berhasil dengan nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.

Siswa yang belum mencapai ketuntasan kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti program remedial terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s