RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 Mata Pelajaran                    :           IPA Kimia

Kelas / Semester                :           VII / 1

Standar kompetensi          :           Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar             :           Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia

Metode / Pendekatan :     Diskusi, informasi, presentasi, percobaan, tanya jawab.

 Sumber / Bahan / Alat       :

1.  Sumber           :     Purba, Michael,  2007, Kimia 1 untuk SMP kelas VII, Erlangga

2. Bahan             :     Lembar kegiatan siswa yang dimodifikasi dari kegiatan Buku kimia Erlangga.

3. Alat                   :     Alat percobaan: Tabung reaksi, pembakar spiritus, klem tabung reaksi

Bahan percobaan: gula

Pengalaman Belajar    :

  1. Mencari informasi tentang klasifikasi materi
  2. Mengidentifikasi lambang unsur dan menuliskannya

 Alokasi Waktu               : 3 X 40 menit

 Indikator                         :

  1. Menjelaskan penggolongan materi
  2. Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
  3. Menuliskan nama dan lambang unsur
  4. Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
  5. Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana

Materi Pokok                 :     Unsur Kimia

Skenario Pembelajaran    :

Pertemuan pertama ( 2 X 40 menit )

Kegiatan awal (5 menit )

  1. Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
  2. Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
  • Apakah besi termasuk unsur ataukah senyawa?
  • Saat bernafas  manusia menghirup oksigen dan melepaskan karbondioksida. Apakah kedua zat tersebut tersusun dari unsur-unsur yang sama?
  1. Guru menyampaikan indikator kegiatan yang akan dicapai

Kegiatan inti ( 70 menit )

  1. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi dan energi.
  2. Guru dan siswa mendiskusikan uji kepahaman nomor 1-4 halaman 37.
  3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang penggolongan materi, dilanjutkan dengan diskusi Kegiatan 3.1 halaman 38.
  4. Guru membimbing siswa untuk membentuk kelompok dengan teman sebangkunya.
  5. Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 5-6 halaman 39.
  6. Guru menunjuk siswa secara random untuk membahas jawaban Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
  7. Guru memberikan deskripsi singkat tentang unsur.
  8. Guru melakukan demonstrasi Kegiatan 3.2 halaman 40 dan meminta siswa untuk membuat kesimpulan dari pengamatan tesebut.
  9. Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 7-11 halaman 41.

10. Guru dan siswa mendiskusikan jawaban soal-soal yang baru saja dikerjakan.

Kegiatan penutup (5 menit )

  1. Melalui diskusi guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan/rangkuman
  2. Guru memberikan PR tentang lambang unsur yang ada pada uji kepahaman nomor 12-19 halaman 43.
  3. Guru menugaskan siswa untuk menghapal nama dan lambang dari beberapa unsur kimia.
  4. Salam penutup

Pertemuan kedua ( 1 X 40 menit )

Kegiatan awal (5 menit )

  1. Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
  2. Guru memberikan   pertanyaan untuk memotivasi siswa :
  • Dapatkah kamu menyebutkan contoh unsur logam dan contoh unsur nonlogam ?
  1. Guru menyampaikan indikator pencapaian hasil belajar.

Kegiatan inti ( 30 menit )

  1. Guru dan siswa membahas PR tentang lambang unsur.
  2. Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 20-24 halaman 44.
  3. Guru menunjuk beberapa siswa secara random untuk menjawab soal-soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
  4. Guru dan siswa mendiskusikan pengelompokan unsur dalam sistem periodik unsur dan pengertian atom.
  5. Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 25 halaman 46.
    1. Guru memeriksa jawaban siswa sekaligus memberikan penjelasan jika masih ada siswa yang belum dapat mengerjakan dengan benar.

             Kegiatan penutup (5 menit )

  1. Guru memberikan beberapa pertanyaan lisan kepada siswa untuk menyebutkan nama unsur atau lambang unsur.
  2. Guru memberikan tugas Kegiatan 3.4 tentang unsur-unsur yang Aku kenal.
  3. Salam penutup.

Penilaian

Penilaian kognitif

Menggabungkan antara nilai tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1

Penilaian afektif

Menilai minat, etika, kerjasama kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.

Penilaian psikomotorik

Penilaian psikomotorik dilakukan dengan pengamatan pada kemampuan kerja praktikum individu dalam kelompok.

LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK

Mata Pelajajaran      : Kimia                                                            Kelas : VII – …..

Kelompok                  : A

  1. Afektif
No Absen Nama Siswa Aspek yang dinilai Jumlah skor Nilai
Aktivitas dalam diskusi kelompok Kerjasama dalam kelompok Bersaing secara sehat dan sportif Kelengkapan tugas individu dalam kelompok Kelengkapan tugas individu
1.
2.
3.
4
5.
dst
  1. PSIKOMOTORIK
No Absen Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Jumlah skor Nilai
Keterampilan berbicara Merakit alat percobaan Membuat rancangan percobaan Menggunakan alat dengan teapat Mencatat data percobaan
1.
2.
3.
4.
5.
dst

Pedoman penskoran    :

Afektif                               :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :

3 = kegiatan baik sekali atau intensitas tinggi

2 = kegiatan cukup atau intensitas sedang

1 = kegiatan kurang atau intensitas rendah

Psikomotorik                   :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :

3 = tindakan benar, tepat dan teliti

2 = tindakan benar, kurang tepat, kurang teliti

1 = tindakan salah

Pedoman penilaian       :     Nilai = (jumlah skor x 100) : 15

Tindak lanjut :

Siswa yang telah berhasil dengan nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.

Siswa yang belum mencapai ketuntasan kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti program remedial terlebih dahulu.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                    :           IPA Kimia

Kelas / Semester                :           VII / 1

Standar kompetensi          :           Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar             :           Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran

Metode / Pendekatan :     Diskusi, informasi, presentasi, demonstrasi, percobaan, tanya jawab.

 Sumber / Bahan / Alat       :

1.  Sumber           :     Purba, Michael,  2007, Kimia 1 untuk SMP kelas VII, Erlangga

2. Bahan             :     Lembar kegiatan siswa yang dimodifikasi dari kegiatan Buku kimia Erlangga.

3. Alat                   :     Alat percobaan : tabung reaksi, gelas kimia,  batang pengaduk.

Bahan percobaan : air, gula, susu instan, tepung terigu.

Pengalaman Belajar    :

  1. Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa dan campuran
  2. Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen

 

Alokasi Waktu               : 3 X 40 menit

 Indikator                         :

  1. Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
  2. Mengelompokkan zat-zat   kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari

Materi Pokok                 :     Unsur, senyawa, dan campuran.

Skenario Pembelajaran    :

Pertemuan pertama ( 2 X 40 menit )

Kegiatan awal (5 menit )

  1. Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
  2. Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
  • Mungkinkah unsur-unsur dapat bergabung?
  • Apakah  air dan air tape merupakan termasuk dalam kelompok senyawa?
  1. Guru menyampaikan indikator kegiatan yang akan dicapai

Kegiatan inti ( 70 menit )

  1. Membahas tugas Kegiatan 3.4 tentang Unsur-unsur yang Aku Kenal.
  2. Diskusi singkat  tentang pengertian senyawa, molekul, dan rumus kimia dari senyawa.
  3. Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 26-33 halaman 49-50 dan nomor 34-36 halaman 51-52.
  4. Guru dan siswa membahas jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
  5. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang campuran.

 

Kegiatan penutup (5 menit )

  1. Melalui diskusi guru membantu siswa untuk menyimpulkan sifat unsur, senyawa, dan campuran.
  2. Guru memberikan tes tertulis tentang perbandingan sifat unsur, senyawa, dan campuran.
  3. Guru memberikan PR  Uji Kepahamanmu  nomor 37-39 halaman 56.
  4. Guru menugaskan siswa secara berkelompok untuk membawa alat dan bahan yang akan digunakan pada percobaan mengamati perbedaan larutan, suspensi, dan koloid (Kegiatan 3.5 halaman 55) seperti senter, gula, susu instan, tepung terigu.
  5. Salam penutup

Pertemuan kedua ( 1 X 40 menit )

Kegiatan awal (5 menit )

  1. Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
  2. Guru memberikan   pertanyaan untuk memotivasi siswa :
  • Apakah perbedaan antara campuran air dengan gula dan campuran air dengan tepung terigu?
  1. Guru menyampaikan indikator pencapaian hasil belajar .

Kegiatan inti ( 30 menit )

  1. Guru dan siswa membahas PR Uji Kepahamanmu  nomor 37-39 halaman 56.
  2. Siswa secara berkelompok mengerjakan Kegiatan 3.5 halaman 55 yaitu percobaan mengamati perbedaan larutan, suspensi, dan koloid.
  3. Guru dan siswa mendiskusikan hasil percobaan.
  4. Selama kegiatan eksperimen dan diskusi, guru melakukan penilaian afektif dan psikomotorik.
  5. Siswa mengerjakan Soal-soal Bab 3 halaman 57-58.
  6. Guru menunjuk murid secara random untuk mendiskusikan jawaban Soal-soal Bab 3, guru meneguhkan.

 

Kegiatan penutup (5 menit )

  1. Melalui diskusi guru membantu siswa untuk membuat rangkuman.
  2. Salam penutup

Penilaian

Penilaian kognitif

Menggabungkan antara nilai tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1

Penilaian afektif

Menilai minat, etika, kerjasama kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.

Penilaian psikomotorik

Penilaian psikomotorik dilakukan dengan pengamatan pada kemampuan kerja praktikum individu dalam kelompok.

LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK

Mata Pelajajaran      : Kimia                                                            Kelas : VII – …..

Kelompok                  : A

  1. Afektif
No Absen Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Jumlah skor Nilai
Aktivitas dalam diskusi kelompok Kerjasama dalam kelompok Bersaing secara sehat dan sportif Kelengkapan tugas individu dalam kelompok Kelengkapan tugas individu
1.
2.
3.
4.
5.
dst
  1. PSIKOMOTORIK
No Absen Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Jumlah skor Nilai
Keterampilan berbicara Merakit alat percobaan Membuat rancangan percobaan Menggunakan alat dengan teapat Mencatat data percobaan
1.
2.
3.
4.
5.
dst

Pedoman penskoran                      :

Afektif                               :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :

3 = kegiatan baik sekali atau intensitas tinggi

2 = kegiatan cukup atau intensitas sedang

1 = kegiatan kurang atau intensitas rendah

Psikomotorik                   :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :

3 = tindakan benar, tepat dan teliti

2 = tindakan benar, kurang tepat, kurang teliti

1 = tindakan salah

Pedoman penilaian       :     Nilai = (jumlah skor x 100) : 15

Tindak lanjut :

Siswa yang telah berhasil dengan nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.

Siswa yang belum mencapai ketuntasan kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti program remedial terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s