RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                    :           IPA Kimia

Kelas / Semester                :           VII / 1

Standar kompetensi          :           Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar             :           Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat

Metode / Pendekatan :     Diskusi, informasi, tanya jawab.

 

Sumber / Bahan / Alat       :

1.  Sumber           :     Purba, Michael,  2007, Kimia 1 untuk SMP kelas VII, Erlangga

2. Bahan             :     Lembar kegiatan siswa yang dimodifikasi dari kegiatan Buku kimia Erlangga.

3. Alat                   :     Alat percobaan: plat tetes, pipet tetes.

Bahan percobaan: air kapur, air sabun, air abu, air jeruk nipis, air garam, air soda.

Pengalaman Belajar    :

  1. Melalui pengamatan untuk menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, garam.
  2. Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, garam.
  3. Melakukan percobaan dengan alat penentu/penunjuk asam dan basa misalnya kertas lakmus atau pH stik.

 Alokasi Waktu               : 4 X 40 menit

 Indikator                         :

  1. Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai
  2. Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam
  3. Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan

Materi Pokok                 :     Asam, Basa, Garam

Skenario Pembelajaran    :

Pertemuan pertama ( 2 X 40 menit )

Kegiatan awal (5 menit )

  1. Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa.
  2. Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
  • Apa yang menyebabkan rasa asam pada air jeruk dan rasa pahit pada sabun?
  • Guru mengajukan beberapa contoh bahan-bahan dalam kehidupan sehari-hari seperti air jeruk, larutan cuka, air sabun, jamu dst. Dapatkah siswa mengelompokkan bahan-bahan tersebut berdasarkan persamaan sifatnya ?.
  1. Guru menyampaikan indikator kegiatan yang akan dicapai.

Kegiatan inti ( 70 menit )

  1. Melalui diskusi guru mengarahkan siswa untuk menggali informasi tentang:
  • Sifat umum dari bahan yang bersifat asam, basa, dan garam
  • Cara menunjukkan sifat asam dan basa.
  1. Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.
  2. Guru mengarahkan siswa untuk menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan dalam percobaan Menunjukkan Asam dan Basa.
  3. Siswa mengerjakan Kegiatan 2.1 halaman 14.
  4. Guru meminta dua kelompok untuk membahas hasil pecobaan.
  5. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal Uji Kepahamanmu nomor 1-4 halaman 16-17 dan nomor 5-6 halaman 20.
  6. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.

Kegiatan penutup (5 menit )

  1. Guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan/ rangkuman melalui diskusi
  2. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca sifat-sifat asam, basa, dan garam di rumah.
  3. Salam penutup

Pertemuan kedua ( 2 X 40 menit )

Kegiatan awal (5 menit )

  1. Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa.
  2. Guru memberikan   pertanyaan untuk memotivasi siswa :
  • Apakah di lingkungan sekitar kita dapat ditemui bahan-bahan yang bersifat asam atau basa?
  1. Guru menyampaikan pengetahuan prasyarat  pengertian asam, basa, garam dan indikator pencapaian hasil belajar.

Kegiatan inti ( 70 menit )

  1. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang:
  • Sifat-sifat asam dan basa
  • Contoh-contoh asam dan basa.
  1. Siswa mengerjakan Uji kepahamanmu nomor 7-9 halaman 24 dan nomor 10-13 halaman 26.
  2. Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal Uji Kepahamanmu yang baru saja dikerjakan.
  3. Guru melakukan demonstrasi Kegiatan 2.3 halaman 27 tentang reaksi penetralan asam- basa.
  4. Guru dan siswa mendiskusikan hasil percobaan.
  5. Siswa mengerjakan Uji Kepahamanmu nomor 13-15 halaman 29 dan soal-soal bab 2 bagian I (Pilihan Ganda) halaman 29.
  6. Guru dan siswa mendiskusikan jawaban soal-soal yang baru saja dikerjakan.

 

Kegiatan penutup (5 menit )

  1. Melalui diskusi guru membantu siswa untuk membuat kesimpulan.
  2. Guru memberikan PR soal-soal bab 2 bagian II (Esai) halaman 30.
  3. Guru membagi siswa dalam kelompok dan menugaskan siswa untuk membuat ekstrak tumbuhan dari:
  • Bunga sepatu
  • Bunga matahari atau bunga krisan berwarna kuning.
  • Kunyit
  • Bit
  • Kol merah
  1. Salam penutup

Penilaian

Penilaian kognitif

Menggabungkan antara nilai tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1

Penilaian afektif

Menilai minat, etika, kerjasama kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.

Penilaian psikomotorik

Penilaian psikomotorik dilakukan dengan pengamatan pada kemampuan kerja  individu dalam kelompok.

LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK

Mata Pelajajaran      : Kimia                                                            Kelas : VII – …..

Kelompok                  : A

  1. Afektif
No Absen Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Jumlah skor Nilai
Aktivitas dalam diskusi kelompok Kerjasama dalam kelompok Bersaing secara sehat dan sportif Kelengkapan tugas individu dalam kelompok Kelengkapan tugas individu
1.
2.
3.
4.
5.
dst
  1. PSIKOMOTORIK
No Absen Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Jumlah skor Nilai
Keterampilan berbicara Merakit alat percobaan Membuat rancangan percobaan Menggunakan alat dengan teapat Mencatat data percobaan
1.
2.
3.
4.
5.
dst

Pedoman penskoran :

Afektif                               :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :

3 = kegiatan baik sekali atau intensitas tinggi

2 = kegiatan cukup atau intensitas sedang

1 = kegiatan kurang atau intensitas rendah

Psikomotorik                   :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :

3 = tindakan benar, tepat dan teliti

2 = tindakan benar, kurang tepat, kurang teliti

1 = tindakan salah

Pedoman penilaian       :     Nilai = (jumlah skor x 100) : 15

Tindak lanjut :

Siswa yang telah berhasil dengan nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.

Siswa yang belum mencapai ketuntasan kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti program remedial terlebih dahulu.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 Mata Pelajaran                    :           IPA Kimia

Kelas / Semester                :           VII / 1

Standar kompetensi          :           Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar             :           Melakukan percobaan sederhana dengan ba-han-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

Metode / Pendekatan :     Diskusi, informasi, presentasi, demonstrasi, percobaan, tanya jawab.

 Sumber / Bahan / Alat       :

1.  Sumber           :     Purba, Michael,  2007, Kimia 1 untuk SMP kelas VII, Erlangga

2. Bahan             :     Lembar kegiatan siswa yang dimodifikasi dari kegiatan Buku kimia Erlangga.

3. Alat                   :     Alat percobaan : Gelas kimia, pipet tetes, batang pengaduk.

Bahan percobaan : ekstrak bunga sepatu, ekstrak bunga matahari, ekstrak kunyit, ekstrak kol merah, ekstrak bit, air suling, larutan cuka, ai kapur.

Pengalaman Belajar    :

  1. Mengidentifikasi sifat asam dan basa pada bahan makanan

 

Alokasi Waktu               :    2 X 40 menit

 

Indikator                         :

  1. Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di labo-ratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu

Materi Pokok                 :     Sifat asam, basa pada bahan makanan

Skenario Pembelajaran    :

Kegiatan awal (5 menit )

  1. Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa
  2. Guru memberikan pertanyaan untuk memotivasi siswa :
  • Adakah indikator alami yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi larutan asam,basa, dan garam?
  • Bagaimana  hasil reaksi (warna yang dihasilkan) jika larutan asam atau larutan  basa dicampurkan dengan indikator alami?
  1. Guru menyampaikan indikator kegiatan yang akan dicapai

Kegiatan inti ( 70 menit )

  1. Guru dan siswa membahas PR soal-soal bab 2 Esai.
  2. Siswa mengerjakan Kegiatan 2.2 halaman 15-16 yaitu percobaan membuat indikator asam-basa.
  3. Guru meminta siswa untuk membuat kesimpulan sementara dari hasil percobaan

Kegiatan penutup (5 menit )

  1.  Melalui diskusi guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan bahwa larutan asam, basa, dan garam memberikan hasil reaksi (berupa warna) yang berbeda-beda pada indikator yang sama.
  2. Melalui diskusi guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan bahwa beberapa bahan alami dapat digunakan sebagai indikator larutan asam, basa, dan garam.
  3. Guru menugaskan siswa untuk membaca tentang unsur.
  4. Salam penutup

Penilaian

Penilaian kognitif

Menggabungkan antara nilai tes tertulis dan rata-rata tugas dengan bobot 2 : 1

Penilaian afektif

Menilai minat, etika, kerjasama kelompok, dengan menggunakan lembar pengamatan individu dalam kelompok.

Penilaian psikomotorik

Penilaian psikomotorik dilakukan dengan pengamatan pada kemampuan kerja praktikum individu dalam kelompok.

LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK

Mata Pelajajaran      : Kimia                                                            Kelas : VII – …..

Kelompok                  : A

  1. Afektif
No Absen Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Jumlah skor Nilai
Aktivitas dalam diskusi kelompok Kerjasama dalam kelompok Bersaing secara sehat dan sportif Kelengkapan tugas individu dalam kelompok Kelengkapan tugas individu
1.
2.
3.
4.
5.
dst
  1. PSIKOMOTORIK
No Absen Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Jumlah skor Nilai
Keterampilan berbicara Merakit alat percobaan Membuat rancangan percobaan Menggunakan alat dengan teapat Mencatat data percobaan
1.
2.
3.
4.
5.
dst

Pedoman penskoran    :

Afektif                               :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :

3 = kegiatan baik sekali atau intensitas tinggi

2 = kegiatan cukup atau intensitas sedang

1 = kegiatan kurang atau intensitas rendah

Psikomotorik                   :     Skor maksimum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sebagai berikut :

3 = tindakan benar, tepat dan teliti

2 = tindakan benar, kurang tepat, kurang teliti

1 = tindakan salah

Pedoman penilaian       :     Nilai = (jumlah skor x 100) : 15

Tindak lanjut :

Siswa yang telah berhasil dengan nilai di atas ketuntasan dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.

Siswa yang belum mencapai ketuntasan kognitif dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti program remedial terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s